Sabtu, 29 April 2017

Komponen/Elemen-elemen Dasar Pembentuk Sistem Komputer


Komponen Dasar Pembentuk Sistem Komputer 


       Komputer merupakan satu kesatuan dari tiga komponen utama, tanpa ke tiga komponen ini tidak akan terbentuk sebuah sistem komputer. Komponen komputer disini lebih ditekankan kepada elemen-elemen pembentuk sistem komputer (computer system). Sistem komputer dibutuhkan agar komputer dapat berfungsi dan menghasilkan output atau hasil yang di inginkan user.
Kita semua tahu bahwa PC atau komputer sangat berguna bagi kehidupan kita. Komputer dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang lainnya ataupun penggunaan khusus seperti dalam bidang kedokteran ataupun dalam bidang Sains. Sesuatu ada pasti dengan dasar atau pondasi untuk membangunnya. Sama dengan sebuah komputer yang memiliki pondasi untuk membangunnya. Pondasi atau elemen pada sebuah komputer ada tiga, yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Berikut penjelasan mengenai ketiga pondasi/komponen tersebut:

1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah semua bagian komponen yang memiliki wujud, bentuk fisik dari komputer. Hardware juga bisa dibilang sebagai komponen komputer yang keras.
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.


prosesor

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware) Beberapa contoh Hardware antara lain :
– CPU (Central Processing Unit)
– Motherboard (Papan Induk)
– Memory
– Hardisk
– VGA

Hasil gambar untuk pengertian hardware
– Sound Card
– Keyboard
– Mouse
– Power Supply
– Casing
Dan masih banyak lagi Hardware pendukung sistem komputer lainnya.

2. Software (Perangkat Lunak)
Software adalah bagian sistem komputer yang tidak memiliki wujud, Software juga bisa memiliki pengertian sebagai data yang berformat digital dan disimpan secara digital yang hanya bisa dibaca oleh komputer.
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Ada beberapa macam software, diantaranya :
– Operating System
– Aplication Software
– Software Development Tool
– Device Driver
– Firmware
                                            Hasil gambar untuk pengertian software
– Freeware
– Shareware
– Malware
– Open Source

3. Brainware (Pengguna)
Brainware adalah sebutan untuk orang yang terlibat dalam pengolahan data pada komputer.. Namun tidak semua user adalah Brainware.Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.
Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).
User disebut Brainware jika ia tidak hanya sekedar menggunakan, namun mengolah sebuah komputer. Brainware juga digolongkan menjadi 4 yaitu :
                                                          Hasil gambar untuk pengertian brainware
– Programmer
– Operator
– Administrator
– System Analyst
 Ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan, harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Jika salah satu dari tiga komponen tersebut tidak ada, maka komputer tersebut hanyalah benda mati tidak bisa menghasilkan apapun. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

1 komentar: